Perenungan Pribadi Slamet Priyanto

Perenungan Pribadi:

                   "O T A K"

     Otak (bahasa Inggris: encephalon, brain) adalah pusat sistem saraf (bahasa Inggris: central nervous system, CNS).

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan danpemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya (wikipedia, 13-10-2016 puk.04.19 WIB). Sedemikian dahsyat fungsi otak hingga orang berkata: 'otak itu Tuhan'. Karena itu, kalau orang sampai terserang penyakit mati otak, tamatlah riwayatnya, mati dalam hidup.

     Kita pasti sering menemukan ilustrasi lampu menyala yang kerap digambarkan ilustrator dan para kartunis saat tokoh ciptaannya mendapatkan ide atau gagasan baru. Ternyata hal itu bukanlah metafora belaka.

     Sejumlah ahli neurosains dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa ketika otak manusia sedang memproses ingatan baru, beberapa bagian pada otak akan menyala, menandakan adanya aktivitas yang tengah terjadi di bagian otak tersebut.

     Perbedaan pada tiap otak individu dalam menggambarkan rupa objek yang diingat tersebut dinamakan “activation signature—tanda aktivasi” suatu kombinasi unik dari wilayah otak yang teraktivasi.

     Selayaknya kita memuji kebesaran Tuhan yang telah mencipta lebih dari 7 miliar manusia dengan keunikan 'otak' masing2, tak satupun terjadi duplikasi. Firman Tuhan Yesus Kristus mengajak kita mengagungkan TUHAN SANG PENCIPTA, Mazmur 40:5 (TB): "Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHANku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung." (JAWA94): "Dhuh Pangéran, Gusti kawula, kathah kaélokan ingkang sampun Paduka tindakaken kanggé kawula, mboten wonten ingkang nyamèni kesaénan Paduka. Saupami badhé kawula cariyosaken, mesthi mboten kénging kaétang saking kathahipun."

     DOA: "BAPA Sorgawi, kami bersyukur atas karya agungMU di dalam otak kami. Pimpin dan kuasai otak kami ya Roh Kudus, agar hanya kami pakai untuk memuliakan namaMU, amin"

    Selamat menikmati sepanjang hari ini dengan hati fokus kepada Tuhan, Jesus Christ bless you (sp)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiriman Dari Sahabat Terang Bagi Kota: A.Wirahana.Spdk.Mth

Kriman Sahabat Terang Bagi Kota