Tunduk di Bawah Tangan ALLAH

Tunduk di Bawah Tangan ALLAH

Bacaan Hari Ini: 1 Petrus 5: 5 - 11

Ayat-ayat berkesan:
1 Petrus 5: 5-9
5 ¶  Demikian juga kamu, yang lebih muda, tunduklah kepada tua-tuamu; dan hendaklah kamu semua memiliki kerendahan hati, yang seorang kepada yang lain karena: Allah menentang orang yang sombong, tetapi Ia memberi anugerah kepada orang yang rendah hati.† 
6  Sebab itu, rendahkanlah dirimu di bawah tangan Allah yang penuh kuasa. Maka, Ia akan meninggikan kamu pada waktunya.
7  Serahkanlah semua kekhawatiranmu kepada Allah karena Ia yang memelihara kamu.
8 ¶  Waspadalah dan berjaga-jagalah! Musuhmu, si Iblis, berjalan mondar-mandir seperti singa yang mengaum, mencari mangsa untuk ditelannya.
9  Lawanlah Iblis! Berdirilah teguh dalam imanmu karena kamu tahu bahwa di seluruh dunia, saudara-saudara seimanmu juga menanggung penderitaan yang kamu alami.

Rendahkanlah dirimu
            Dalam surat  1 Petrus 5 ayat 5.  menulis tentang rendahkanlah dirimu, ikatlah dirimu dengan kerendahan hati, mengenakan kerendahan hati. Kerendahan hati adalah ciri Orang Kristen yang Normal, karena TUHAN YESUS telah memberikan  teladan ( Yoh 13:4-7) .
Rasul Petrus mengajarkan kepada kita semua untuk merendahkan hati dan tunduk kepada tua-tua (penatua). Seseorang diangkat menjadi penatua (pemimpin rohani) belum tentu usianya lebih tua dari kita, bisa jadi dia lebih muda dari kita, bahkan mungkin secara pengetahuan dan pengalam rohani tidak lebih tinggi dari kita. Tetapi Alkitab mengajarkan kita untuk tunduk dan merendahkan hati.

            Efesus 4 " 2 ¶  Dengan segala kerendahan hati dan kelembutan, dengan kesabaran, saling menanggung beban dalam kasih,
      
            Anugrah ALLAH melalui Roh KudusNya menyuplai kemampuan ini kedalam hidup orang percaya. Melalui pembaharuan akal budi' hidup orang Kristen yang Normal dibaharui. Kerendahan hati dan penundukan diri adalah salah satu ciri dari pembaharuan.

Ketika ALLAH bekerja atas diri kita, kita perlu berperan aktif, membiarkan ALLAH bekerja. 
Inilah kerelaan kita berada dibawah tangan ALLAH yang kuat untuk melakukan segala sesuatu bagi kita.
Rela tunduk di bawah tangan ALLAH , membuat ALLAH mendapat kehormatan dan kemuliaan, serta memberi kesempatan kepada ALLAH untuk meninggikan kita pada waktu-Nya.
Rela direndahkan oleh tangan kuat ALLAH adalah rela merendahkan hati dalam pendisplin-Nya. Rela hidup dalam pendisplinan ALLAH adalah syarat mutlak bagi Orang Kristen yang Normal untuk ditinggikan dalam pemuliaan-Nya.(Matius 23:12, Lukas 14:11)
Pendisplinan adalah penderitaan-penderitaan yang menimpa orang percaya adalah salah satu cara tangan ALLAH yang kuat untuk mendisplinkan anak-anak-Nya agar tidak menjadi sombong dan congkak. 

             ALLAH yang mendisiplin dan menghakimi manusia,  memiliki perhatian kasih terhadap kaum percaya, khususnya orang yang dianiaya. Dengan setia DIA memperhatikan kaum percaya./ Kaum beriman  dapat menyerahkan kekhawatiran mereka kepada ALLAH, khusunya pada saat mengalami penganiayaan.

          Sebagai orang percaya atau orang Kristen yang normal kita harus memiliki sikap waspada dan berjaga-jaga,  kita harus selalu dalam keadaan sadar.
Sadar adalah berpikiran jernih, waspada dan bisa mengendalikan pikiran , supaya kita bisa memahami tujuan ALLAH mendisplin kita dan juga mengetahui siasat musuh yang ingin menghancurkan kita.

Berjaga-jaga adalah bersikap  waspada seperti dalam peperangan, seperti tentara digaris depan.

 Rasul Petrus mengingatkan kita kaum percaya atau orang Kristen yang Normal yang menderita dalam penganiayaaan, jika mereka tidak mau merendahkan diri dibawah tangan kuat ALLAH (ay6) dan menyerahkan kekhawatiran mereka kepada ALLAH  (ay7), kita akan ditelan oleh singa yang mengaum-auam, iblis, adalah mush kita. Ini mengajaar kita bahwa kesombongan dan kekhawatiran membuat kita menjadi mangsa yang lezat bagi pemuasan rasa lapar singa yang mengaum-aum.
         
LAWANLAH
                     artinya bertahan dengan kokoh seperti batu karang diatas dasar iman kita. Tunduklah kepada ALLAH, percaya kepada kuasa penjagaan dan perhatian ALLAH.

Selamat berjuang . (yrt) #akusisontoloyoyangdiubahkan #pejuangiman
       

            

          
          


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiriman Dari Sahabat Terang Bagi Kota: A.Wirahana.Spdk.Mth

Kriman Sahabat Terang Bagi Kota