Perenungan Pribadi Slamet Priyanto

Perenungan Pribadi:

           "Kereta Kencana"

     Upacara 17-8-2016 yang lalu lain dari yang pernah ada. Kali ini, pihak istana kepresidenan meminjam 'keteta kencana' dari Pemkab Purwakarta untuk membawa bendera pusaka pada perayaan HUT-71 Republik Indonesia 17 Agustus 2016.

     Kereta Kencana Ki Jaga Raksa digunakan saat upacara dari Monas menuju ke Istana Negara, demikian penjelasan Kaurops Garnisun Tetap I/JKT Lettu Agus Sugandar di Purwakarta.

     Bendera Pusaka Merah Putih yang kisahnya dijahit sendiri oleh Fatmawati, Ibu Negara Indonesia pertama dari tahun 1945 hingga tahun 1967.

     Sebenarnya ada opsi meminjam (kereta kencana) dari Surakarta, Yogyakarta, dan Cirebon. Tapi diputuskan, demi efisiensi dan efektifitas, meminjam dari Purwakarta.

     Pemkab Purwakarta sendiri memiliki empat kereta kencana yang biasanya diparkir di teras Bale Nagri, kantor pemerintah daerah setempat. Keempat kereta kencana itu ialah Kereta Ki Jaga Raksa, Nyi Mas Melati, Ki Jaga Raga, dan Ki Jaka Sunda. Empat kereta kencana tersebut biasanya digunakan dalam acara puncak Hari Jadi Purwakarta, untuk diarak di sepanjang jalan perkotaan Purwakarta.

     Ada nuansa 'anggun dan agung' ketika kereta kencana Ki Jaga Raksa (Ki, sebutan Jawa untuk sesembahan. Jaga, penjaga, Raksa, hati. Sesembahan Penjaga Hati). Terlepas dari suka atau tidak, karena ada yang mengatakan 'berbau mistis', kita menilai dari 'penuh kreatifitas', model ini baru yang pertama sejak Indonesia lahir 71 tahun yang lalu.

     Firman Tuhan Yesus Kristus supaya kita mendoakan, menghormati pemerintah yang ada, 1 Petrus 2:17 (TB): "Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Tuhan, hormatilah raja!" (JAWA94): "Padha ngajènana wong kabèh; padha nresnanana sedulur-sedulurmu tunggal precaya. Padha wedia marang Gusti, lan ngurmatana Sang Kaisar."

     Doa: "BAPA Sorgawi, kami bersyukur atas pemeliharaanMU terhadap negeri kami, pahit getirnya selama 71 tahun ini, tentu hanya oleh anugerahMU NKRI tetap eksis hingga saat ini, karuniakan keamanan, kesejahteraan bagi sekitar 250 juta rakyat NKRI, dan hikmat kebijaksanaanMU kepada pemimpin negeri ini baik di tingkat kampung hingga pusat, amin".

     Selamat memasuki hari baru, hari ini 'Semangat!', Jesus Christ bless you (sp).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiriman Dari Sahabat Terang Bagi Kota: A.Wirahana.Spdk.Mth

Kriman Sahabat Terang Bagi Kota