Perenungan Pribadi Slamet Priyanto "Free Will"



              "Free Will"

     Seseorang yang jatuh dalam dosa, biasanya dalam membela diri, dia mencari 'kambing hitam', mencari orang lain atau apapun yang bisa menjadi tumpuan kesalahan atau dosanya itu.

     Seorang rohaniwan dalam ceramahnya berkata bahwa paling sering untuk mencari aman dirinya, yang dijadikan kambing hitam adalah iblis atau setan: 'Wah saya sedang kena goda (iblis sering dijadikan kambing hitam sebagai penggoda)'. Penceramah itu melanjutkan: 'betapa sakit hati iblis, karena setiap kali orang jatuh ke dalam dosa yang jadi tumpuan kesalahan selalu iblis, padahal kenyataannya tidak selalu demikian.

     Di dalam setiap orang, Tuhan mengaruniakan 'kehendak bebas' atau 'free will'. Kehendak bebas inilah kemerdekaan tak terbatas manusia untuk memilih, termasuk bebas memilih untuk jatuh dalam dosa, termasuk bebas untuk melakukan bunuh diri, dsb.

     Seorang teman menulis di grup WA ini: 'Rasul-rasul dipilih oleh Tuhan Yesus Kristus termasuk Judas iskariot dan Paulus. Walau mereka memiliki kedekatan dengan Tuhan Yesus, tapi toh masih tetap ada ruang untuk freewill. Dalam kasus Judas Iskariot membuktikan bahwa freewill itu senantiada ada dalam kehidupab setiap orang sampai ajalnya, Judas memilih mati dengan bunuh diri. Hati-hati dengan 'free will' kita, salah pilih bisa berakibat fatal, contoh: Esau memilih menganggap rendah &  menjual hak kesulungan untuk mendapatkan sup kacang merah. Menolak Tuhan Yesus Kristus, berakiat terlepasnya keselamatan dari hidup kita.

     Rasul Paulus mengakui bahwa diapun tak berdaya menghadapi kehendak bebasnya, seperti tertulis di Roma 7:19 (TB): "Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat. (JAWA94): "Mulané aku ora nglakoni kabecikan sing dakkarepaké mau, malah kosokbaliné, aku nglakoni prekara-prekara sing ala, sing ora dakkarepaké."

     Doa: "BAPA Sorgawi, kami bersyukur atas anugerahMU berupa Free Will. Kami menaklukkan free will kami hingga hanya dikuasai oleh Roh KudusMU, amin".

     Selamat berakhir pekan, selamat beraktifitas, Jesus Christ bless you (sp).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiriman Dari Sahabat Terang Bagi Kota: A.Wirahana.Spdk.Mth

Kriman Sahabat Terang Bagi Kota